Kamis, 04 April 2013

Persiapan pribadi pengusaha muda

Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan utnuk menjadi pengusaha muda, yaitu kepribadian, keterampilan, kekuatan dan kemampuan merealisasikan mimpi menjadi kenyataan. keberhasilan sebuah usaha sangat ditentukan oleh sosok pribadi sang pengusaha. membangun kepribadian merupakan hal yang mutlak bagi keberhasilan sebuah usaha. 

Berikut beberapa hal yang terkait dengan usaha membangun kepribadian :

a. mengenal diri sendiri seperti mengenal karakter pribadi dan mengenal bakat dan kemampuan pribadi.
b. mempersiapkan perubahan mental seperti siap menghadapi ketidakpastian, siap mengatak "bisa", siap bekerja keras, tekun dan sabar, berani mengambil risiko dan jangan sampai rugi.
Pengusaha muda harus menguasai keterampilan dalam bidang softskil, meliputi :
- menjaga reputasi.
- membangun sebuah jaringan, maksudnya mampu bergaul dengan sebanyak mungkin teman dengan menumbuhkan rasa percaya diri yang kuat, menjadi anak gaul, buat kartu nama yang menarik dan spesifik, tawarkan persahabatn yang tulus.
- naluri mengenali peluang usaha, seperti menetukan arah usaha dan minat, menumbuhkan kepekaan lingkungan dan kondisi di sekitar, menerapkan manajemen informasi.
- kemampuan persuasi dan negosiasi, seperti itikad baik untuk mencapai win-win solution, mempersiapkan diri sebelum negosiasi, meningkatkan kemampuan komunikasi dan pengendalian emosi serta sikap yang profesional.
Banyak pendapat bahwa memulai usaha pada usia muda akan lebih berhasil dibandingkan dengan ketika suah tua, alasannya adalah sebagai berikut :
a. adanya kekuatan positif yang dimiliki kaum muda, terutama mahasisws untuk berhasil dalam dunia usaha.
b. ada peluang cukup besar berwujud potensi yang perlu dikembangkan dari status mahasiwa dan kaum muda.

merealisasiskan mimpi menjadi kenyataa, karena pengsaha yang berhasil adalah pengusaha yang mampu bermimpi, bersemangat dan bertindak untuk mencapai tujuan. mencapai mimpi dapat benar-benar tewujud denga n merubah impian menjadi visi, menyusun rencana strategis, menetapkan rencana jangka pendek dan melaksanakan usaha.
terhadap seluruh pekerjaan perlu dilakukan evaluasi untuk menentukan cara terbaik dalam pemakaian bahan baku, proses, penanganan output, serta kepuasan konsumen.usaha ini dilakukan agar dapat dikelola dengan baik, sehingga usaha dapat berkembang sesuai dengan apa yang diharapkan.

0 komentar:

Posting Komentar