Kamis, 04 April 2013

Konsepsi dasar kewirausahaan

Kita semua tahu bahwa sukses membutuhkan kerja keras karena tidak ada keberhasilan tanpa kerja keras. Banyak orang muda yang sukses karena Semakin sering mengasah diri menjadi pengusaha, maka semakin besar peluang untuk menjadi pengusaha sukses.kerja keraspun merupakan kunci dari keberhasilan sedangkan kepandaian adalah faktor pendukung.

sukses dapat dicapai karena kepiawaian menemukan inovasi, pengemasan dan promosi. kemauan dan tujuan yang keras jelas juga merupakan cara untuk mecapai kesuksesan.
menjadi wirausahawan sekarang ini, tidak hanya sekadar dapat memulai dan mendirikan suatu usaha begitu saja, melainkan dituntut mampu megarahkan usahanya pada keadaan yang terus menguntungkan dan memperoleh keunggulan bersaing yang berkelanjutan atau terus-menerus dibandingkan para pesaingnya. karena itu, ciri umum kewirausahaan yaitu kemampuan mengubah sesuatu menjadi lebih baik atau menciptakan sesuatu yang benar-benar baru, kreatif dan inovatif.
wirausahawan (entrepreneur) adalah seseorang yang mnenciptakan sebuah usaha atau bisnis yang dihadapkan dengan resiko dan ketidakpastian untuk mengolah keuntungan dan mengembangkan bisnis dengan cara mengenali kesempatan dan memanfaatkan sumber daya yang diperlukan.
Ciri-ciri dari wirausahawan adalah :
1. Percaya diri, merupakan sikap dan keyakinan untuk memulai, melakukan, menyelesaikan tugas atau pekerjaan yang dihadapi.
2. Berorientasi pada tugas dan hasil, seorang wirausaha harus fokus pada tugas dan hasil. apapun pekerjaannya harus jelas apa hasilnya pula.
3. Berani mengambil resiko, risiko usaha pasti ada, oleh karena itu untuk memperkecil kegagalan usaha maka seorang wirausahawan harus mengetahui pekuang kegagalan.
4. Kepemimpinan, wirausahawan yang berhasil ditentukan oleh kemampuan dalam memimpin. memberikan suri teladan, berfikir positif, tidak antikritik, dan memiliki kecakapan dalam berwirausaha.
5. Keorisinilan dan keunikan dari suatu barang atau jasa merupakan hasil inovasi dan kreativitas yang diterapkan, mereka harus bertindak dengan cara yang baru atau berpikir sesuatu yang lama dengan cara-cara yang baru.
6. Berorientasi pada masa depan, memiliki pandangan jauh ke depan dan bila perlu sudah tiba lebih dahulu pada masa depan merupakan kemampuan yang biasaya ada pada setiap wirausahawan yang sukses.
sikap kewirausahawan adalah :
1. disiplin dalam melaksanakan kegiatannya.
2. komitmen tinggi dalam melaksanakan kegiataanya.
3. jujur yang harus menjadi landasan moral seorang wirausahawan.
4. kreatif dan inovatif untuk memenangkan persaingan di jagat bisnis.
5. mandiri maksudnya dapat melakukan keinginan dengan baik tanpa adanya ketergantungan pada pihak lain dalam mengambil keputusan dan bertindak.
6. realistis, maksudnya mampu menggunakan fakta atau realita sebagai landasan berpikir yang rasional dalam setiap pengambilan keputusan maupun tindakan atau peruatannya.
keunrungan menjadi wirausahawan adalah memiliki kebebasan mencapai tujuan, menunjukkan potensi secara penuh, mendapat laba yang maksimal, bebas melakukan perubahan, menciptakan lapangan pekerjaan dan dapat pengakuan dari masyarakat.

birokrasi pemerintah Indonesia menjadi salah satu faktor yang mempersulit tumbuhnya wirausaha di Indonesia, karena itu untuk membangun kewirausahaan di indonesia dengan mengubah paradigma, lembaga pendidikan memberikan bekal dan keterampilan berwirausaha dan dukungan pemerintah.

0 komentar:

Posting Komentar